Pengertian, Manfaat, Pahala serta Keutamaan dari Shalat Dhuha

PaijoKun Blog - Pengertian, Manfaat, Pahala serta Keutamaan dari Shalat Dhuha. Shalat dhuha merupakan salah satu shalat sunnah yang mempunyai banyak manfaat dan keutamaan didalamnya. Setelah tahu Tata Cara Shalat Dhuha dan Tips Agar Rajin Melaksanakannya, kita akan membahas lebih dalam mengenai apa itu shalat dhuha, apa saja manfaatnya, serta pahala dan keutamaan yang bisa kita dapat dari shalat dhuha.

Pengertian, Manfaat, Pahala serta Keutamaan dari Shalat Dhuha

#Pengeritan Shalat Dhuha

Secara singkat, Sholat Dhuha (Arab: صلاة الضحى) adalah Shalat sunah yang dilakukan seorang muslim ketika waktu Dhuha. Waktu Dhuha adalah waktu ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya (kira-kira pukul tujuh pagi) hingga waktu zuhur. Jumlah rakaat Shalat Dhuha minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat.

#Manfaat dari Sholat Dhuha

1. Melancarkan Peredaran Darah

Shalat dhuha membantu untuk melancarkan peredaran darah yang ada di dalam tubuh manusia karena semua pergerakan dalam shalat dhuha sangat lengkap. Mulai dari mengangkat kedua tangan, membungkuk saat gerakan rukuk, kemudian juga gerakan sujud yang mana kepala berada lebih rendah dibandingkan badan dan darah tersebut juga mengalir ke kepala kemudian pada saat duduk aliran darah dinormalkan kembali.

2. Menormalkan Produksi Hormon

Shalat Dhuha sangat bermanfaat untuk menormalkan produksi hormon yang ada di dalam tubuh. Jadi sholat dhuha memang sangat bermanfaat dan efektif untuk menjaga kesehatan tubuh, baik untuk bagian tubuh, organ tubuh sampai dengan beberapa cairan dan juga hormone dalam tubuh.

3. Shalat Dhuha itu Seperti Olahraga

Shalat dhuha dilakukan pada saat masih pagi hari yaitu sekitar pukul 07.00 sampai dengan menjelang dhuhur, pada waktu tersebut merupakan waktu yang sangat baik untuk berolahraga, oleh karena itu melakukan Shalat dhuha sama saja dengan berolahraga karena nantinya bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tulang serta otot karena setiap persendian bergerak, mulai dari tangan, siku sampai dengan lutut dan kaki. Manfaat gerakan Shalat memang dapat memberikan efek seperti olahraga.

4. Membuat Jiwa Lebih Tenang

Shalat dhuha juga sangat bermanfaat untuk menjaga rohani, yang mana nantinya jiwa akan menjadi lebih tenang, terlebih lagi jika rezeki memang sudah dibukakan dan dipermudah di dalam mendapatkan rezeki.

5. Menghilangkan Stress

Shalat dhuha membantu umat muslim untuk bisa mendapatkan ketenangan batin sehingga terhindar dari stress. Stress sendiri merupakan salah satu hal yang sangat mengganggu dan bisa menimbulkan resiko terkena berbagai macam penyakit. Mulai dari mengambil air wudhu sebenarnya sudah bisa membuat batin dan pikiran menjadi tenang namun jika ditambah dengan Shalat dhuha tentu saja akan jauh lebih tenang. Jadi menurut sebagian besar orang, melakukan Shalat dhuha sendiri memang akan mendapatkan ketenangan dan juga rezekinya lancar sehingga beberapa umat muslim melakukan / menjalankan Shalat dhuha setiap hari.

 6. Menjaga Kebersihan Wajah

Shalat dhuha juga sangat bermanfaat untuk kecantikan yang mana pada saat berwudhu wajah akan dibasuh dengan air bersih sehingga kulit juga akan selalu terjaga kebersihannya. Kemudian juga pada saat berwudhu dan saat membasuh wajah dengan tepat tentu saja kulit akan kencang sehingga tidak mudah kendur dan memberikan manfaat agar awet muda.

7. Shalat Dhuha Menjadikan Wajah Berseri

Dengan Shalat Dhuha, tentu saja kecantikan akan terpancar secara alami dengan sendirinya sehingga setelah berwudhu serta menjalankan Shalat biasanya wajah seseorang akan terlihat lebih berseri. Dan hal terseut juga sudah banyak yang membuktikannya.

8. Shalat Dhuha Dapat Membuka Pintu Rezeki

Pada dasarnya Shalat dhuha memang sangat bermanfaat untuk membukakan pintu rezeki, tak hanya itu tetapi juga akan membantu dalam mendapatkan kesuksesan. Namun kesuksesan juga tidak bisa didapatkan hanya dengan berdoa tanpa ada usaha, oleh karena itu agar lebih seimbang dan juga menjadi berkah, semuanya harus dilakukan yaitu dengan berusaha dan ditunjang dengan berdoa, salah satunya dengan menjalankan Shalat dhuha tersebut.

Itulah beberapa manfaat dari melaksanakan shalat dhuha, telebih manfaat dalam segi kesehatan dan rohani kita. Sebagai orang Muslim, pastilah merasa rugi apabila sampai tidak melaksanakan shalat dhuha. Selain manfaat, ada keutamaan dan pahala yang kita dapat dari shalat dhuha.


#Pahala dan Keutamaan dari Shalat Dhuha

1. Orang yang shalat Dhuha akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah.

“Barangsiapa yang selalu mengerjakan shalat Dhuha niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan.” (HR. Tirmidzi)

2.  Tergolong sebagai orang yang bertaubat.

Barangsiapa yang menunaikan shalat Dhuha ia tergolong sebagai orang yang bertaubat kepada Alah.
“Tidaklah seseorang selalu mengerjakan shalat Dhuha kecuali ia telah tergolong sebagai orang yang bertaubat.” (HR. Hakim).

3.  Dicatat sebagai ahli ibadah

Orang yang menunaikan shalat Dhuha akan dicatat sebagai ahli ibadah dan taat kepada Allah.
“Barangsiapa yang shalat Dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka dia ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka dia diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis dia sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya.” (HR. At-Thabrani).

4. Masuk surga melalui pintu khusus, Pintu Dhuha

Orang yang istiqamah melaksanakan shalat Dhuha kelak ia akan masuk surga lewat pintu khusus, pintu Dhuha yang disediakan oleh Allah.
“Sesungguhnya di dalam surga terdapat sebuah pintu bernama pintu Dhuha. Apabila Kiamat telah tiba maka akan ada suara yang berseru, ‘Di manakah orang-orang yang semasa hidup di dunia selalu mengerjakan shalat Dhuha? Ini adalah pintu buat kalian. Masuklah dengan rahmat Allah Subhanahu Wata’ala.” (HR. At-Thabrani).

5. Allah menyukupkan rezekinya.

“Wahai anak Adam, janganlah engkau merasa lemah dari empat rakaat dalam mengawali harimu, niscaya Aku (Allah) akan menyukupimu di akhir harimu.” (HR. Abu Darda`).

6. Orang yang mengerjakan shalat Dhuha ia telah mengeluarkan sedekah.

“Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat Dhuha.” (HR Muslim).
Itulah beberapa pahala dan keutamaan dari shalat dhuha. Sekian artikel mengenai Pengertian, Manfaat, Pahala serta Keutamaan dari Shalat Dhuha. Semoga bermanfaat dan menjadikan kita termotivasi untuk menjalankannya. Aamiin.

Baca juga: Tata Cara Shalat Dhuha dan Tips Agar Rajin Melaksanakannya

Referensi penelusuran: niat sholat dhuha, cara sholat dhuha, surah pendek sholat dhuha, surat pendek sholat dhuha, jumlah rakaat sholat dhuha, manfaat sholat dhuha, keutamaan sholat dhuha, sunnah sholat dhuha

Referensi : manfaat.co.id, mukjizatshalatdhuha.wordpress.com

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Manfaat, Pahala serta Keutamaan dari Shalat Dhuha"

Posting Komentar

Beri komentar terbaik Anda . . .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel