3 Hal atau Perkara yang Harus Disegerakan dalam Islam. Namun Banyak Dari Kita Malah Menundanya.

PaijoKun Blog - Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mewasiatkan Tiga Hal atau Perkara yang Harus Disegerakan dalam Islam. Namun, di zaman sekarang sering kali orang malah menunda hal-hal tersebut. Mungkin dikarenakan belum adanya pengetahuan mengenai hal ini ataupun karena mereka belum adanya keyakinan terhadap hal ini. Maka dari itu saya bahas pada artikel kali ini, dan semoga bisa membuat kita lebih baik lagi dalam hidup.


3 Hal atau Perkara yang Harus Disegerakan dalam Islam

Rasulullah shallallahu ‘alaihu wasallam bersabda:

ثَلاثَةٌ يَا عَلِيُّ لاَ تُؤَخِّرْهُنَّ : الصَّلاةُ إِذَا أَتَتْ ، وَالْجَنَازَةُ إِذَا حَضَرَتْ ، وَالأَيِّمُ إِذَا وَجَدَتْ كُفُؤًا


“Wahai Ali, ada tiga perkara yang tidak boleh engkau tunda, yakni shalat jika telah tiba waktunya, jenazah apabila telah hadir, dan wanita apabila telah ada calon suami yang sekufu” (HR. Tirmidzi dan Ahmad; hasan)
Meskipun dalam hadits ini Rasulullah bersabda kepada Ali bin Abu Thalib radhiyallahu ‘anhu, para ulama menjelaskan bahwa hadits ini berlaku umum untuk seluruh umatnya.

Berikut penjelasan dari 3 Hal atau Perkara yang Harus Disegerakan dalam Islam tersebut:

1. Jangan menunda shalat jika telah tiba waktunya.

Rasulullah mengajarkan umatnya untuk shalat tepat waktu. Bagi laki-laki, diutamakan untuk berjama’ah di masjid. Namun apa yang terjadi sekarang? Masjid mushola sekarang sudah menggunakan pengeras suara yang sangat keras. Namun suara adzan seperti tak didengar ataupun dihiraukan oleh banyak orang.Hanya segelintir orang yang datang ke masjid sehingga hanya 1 hingga 2 baris shaf yang terisi.

Baca : Cara Agar Bisa Rajin Shalat Dhuha Serta Tata Cara Melaksanakannya

Banyak orang yang menunda-nunda shalat. Malas ke masjid, malas shalat berjama’ah. Padahal shalat berjama’ah pahalanya berlipat 27 derajat. Sebagian ulama berpendapat shalat jama’ah hukumnya wajib bagi muslim laki-laki. Sebagian ulama sisanya berpendapat shalat jama’ah hukumnya sunnah muakkad.

Yang lebih parah, banyak pula yang menunda shalat hingga waktunya hampir habis. Shalatnya di detik-detik terakhir yang kadang langsung digabungkan dengan shalat berikutnya. Hanya terpisah dzikir dan doa yang tak begitu lama.

Andai Shaf Awal Harus Diundi, Sungguh Akan Diundi!
Maka bersegeralah menuju masjid, dan carilah shaf pertama. Sungguh, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda,

لَوْ يَعْلَمُ النَّاسُ مَا فِي النِّدَاءِ وَالصَّفِّ الْأَوَّلِ ثُمَّ لَمْ يَجِدُوا إِلَّا أَنْ يَسْتَهِمُوا عَلَيْهِ لَاسْتَهَمُوا

“Seandainya manusia mengetahui apa yang ada (yaitu keutamaan) di dalam seruan (adzan) dan shaf pertama, lalu mereka tidak bisa mendapatkan shaf tersebut kecuali dengan undian, sungguh mereka akan melakukan undian untuk mendapatkannya.” (HR. Bukhari 580)
Yang lebih parah lagi, tidak sedikit mereka yang mengaku muslim namun meninggalkan shalat. Padahal pembeda antara seorang muslim dan seorang kafir adalah pada shalatnya.

2. Jangan menunda memakamkan jenazah.

Jenazah perlu diperlakukan dengan segera. Jangan ditunda-tunda. Segera dimandikan, dikafani, dishalatkan dan dimakamkan. Dalam salah satu hadits disebutkan mengapa harus mempercepat pemakaman jenazah? Jika ia orang yang taat berarti kita mempercepat ia bertemu nikmatNya, sedangkan jika ia pendosa berarti kita mempercepat berlepas dari fitnahnya.

Di zaman sekarang, kadang jenazah ditunda-tunda. Ada yang beralasan agar seluruh kerabatnya datang dulu melihat wajahnya. Ada pula yang karena alasan ia pejabat atau orang terkenal sehingga ditunda berhari-hari pemakamannya.

3. Jangan menunda menikahkan wanita yang telah datang jodohnya.

Rasulullah menganjurkan para orangtua agar segera menikahkan putrinya jika telah ada pria sekufu yang melamarnya. Menurut banyak ulama, kufu itu dalam urusan agama. Senada dengan hadits lain yang menjelaskan bahwa jika ada pria shalih yang datang melamar hendaklah diterima atau akan ada fitnah dan kerusakan yang terjadi di muka bumi.

Terkadang juga ada gadisnya sendiri yang pilih-pilih sehingga akhirnya pernikahannya selalu tertunda. Bermaksud mencari pria yang sempurna, ternyata malah tidak ada lagi pria yang datang melamarnya.

Itulah 3 Hal atau Perkara yang Tidak Boleh Ditunda dalam Islam. Namun banyak dari kita malah Menundanya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Sekiranya orang artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman ataupun saudara kamu yang seiman.

Referensi : bersamadakwah.net, muslim.or.id

Belum ada Komentar untuk "3 Hal atau Perkara yang Harus Disegerakan dalam Islam. Namun Banyak Dari Kita Malah Menundanya."

Posting Komentar

Beri komentar terbaik Anda . . .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel