Cara Pengecekan Undangan Cetak Blangko e-KTP Daerah Kab. Blitar

PaijoKun. KTP Elektronik atau biasa disebut e-KTP adalah sebuah dokumen kependudukan yang bersifat elektrik yang berlaku nasional yang dapat digunakan dalam berbagai hal, diantaranya: sebagai identitas disi, dapat berlaku nasional, sehingga tidak perlu lagi membuat KTP lokal dalam pengurusan izin, pembukaan rekening bank, urusan kepolisian, dan lain sebagainya.
e-KTP berisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang merupakan identitas penduduk Indonesia dan merupakan kunci akses melakukan verifikasi dan validasi data jati diri seseorang guna mendukung pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan. NIK bersifat unik, khas, tunggal dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai penduduk Indonesia.

Dibandingkan dengan KTP Reguler, e-KTP memiliki kelebihan karena dilengkapi Biometrik dan chip, serta berbasis NIK Nasional.

MANFAAT e-KTP dalam BIOMETRIK (SIDIK JARI)

1. Sebagai IDENTIFIKASI Jati diri, yaitu data yang termuat dalam dokumen menunjukkan identitas penduduk bersangkutan secara akurat dan cepat.
2. Sebagai AUTENTIFIKASI diri, yaitu sebagai alat memastikan dokumen sebagai milik orang tersebut (Mencegah pemalsuan dokumen, sekaligus mencegah dokumen ganda, dan mempunyai sistem pengamanan data yang independen) & sebagai password bagi individu penduduk.


MANFAAT e-KTP dalam CHIP

1. Sebagai alat penyimpan data elektronik penduduk yang diperlukan, termasuk data biometrik
2. Data yang termuat dalam Chip dapat dibaca secara elektronik dengan alat tertentu (Reader) dimana saja
3. Dilengkapi dengan pengaman data di dalam chip itu sendiri.
4. Dapat berfungsi untuk berbagai kebutuhan (multiguna) dengan Chip dimaksud (ID Card, ATM Card, Access Card) dan realtif mudah diintegrasikan dengan sistem lain.

Sesuai ketentuan Surat Edaran 471.13/10231/Dukcapil Tentang Format Surat Keterangan sebagai Pengganti e-KTP, bahwa ketersediaan blangko e-KTP yang terbatas diprioritaskan untuk penyelesaian pencetakan e-KTP untuk data siap cetak (Print Ready Record).

Sehubungan dengan hal tersebut, untuk Warga Daerah Kabupaten Blitar yang sudah memenuhi syarat untuk proses Cetak e-KTP pada Blangko e-KTP diharuskan mempunyai surat undangan untuk proses cetak dan pengambilan e-KTP.  Untuk Pengecekan Undangan Cetak e-KTP dapat dilakukan melalui LINK Berikut, dan cukup masukkan NIK e-KTP anda.

Setelah mengetahui kapan waktu proses cetak e-KTP anda, diharapkan datang sesuai dengan waktu yang tertera pada undangan proses cetak tersebut.

Tempat :  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar
Alamat :  Jl. Manokwari No.25 Kel. Satreyan, Kec. Kanigoro, Kabupaten Blitar
Keterangan :  Membawa undangan, fotokopi Kartu Keluarga dan surat keterangan e-KTP sementara.

Perlu diketahui bahwa, dalam penggantian Surat Keterangan e-KTP sementara (berlaku 6 bulan) TIDAK DIPUNGUT BIAYA dan TIDAK BOLEH DIWAKILKAN. Undangan akan disampaikan langsung ke yang bersangkutan melalui desa/kelurahan.

Sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat. Bagikan artikel ini ke teman-saudara agar informasi ini menyebar secara luas, khususnya kepada Warga Kabupaten Blitar, terimakasih.

*Informasi diatas diambil dari sumber terpercaya dispendukcapil.blitarkab.go.id

Belum ada Komentar untuk "Cara Pengecekan Undangan Cetak Blangko e-KTP Daerah Kab. Blitar"

Posting Komentar

Beri komentar terbaik Anda . . .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel